SESI KONSELING


Gambaran Singkat Pemasalah Konseli
            Muhamad Radeva Afandi atau sering di panggil pandi, ia adalah mahasiswa IBI Darmajaya yang mengalami gangguan dalam belajar, terutama dalam perkuliahanya . permasalahann yang dihadapi konseli penyebabnya adalah pengaruh dari lingkungan dan konseli tidak dapat membagi waktu dengan baik, karena konseli juga bekerja di sela-sela waktu perkuliahan

Tahap Awal Proses Konseling ( Mendefinisikan Masalah Konseli )
Konseli ; assalamu’alaikum ( sambil mengetuk pintu ) .
Konselor; wa’alaikumsalam, silahkan masuk kak dan mempersilahkan konseli untuk duduk .
konselor           ; maaf, masnya  dari mana kalo saya boleh tau ? .
Konseli            ; kalo saya asalnya dari kota bumi kak, Cuma saya lagi di bandar lampung aja .
Konselor          ; hmm, kalo di bandar lampung tinggalnya dimana ?
Konseli            ; saya tinggal di karang anyer kak.
Konselor          ; ooh, kalo sama pasar karang anyer deket ngaa.
Konseli            ; yaaa, agak jauh kak sekitar 8 km.
Konselor          ; masnya kuliah apa udah kerja sekarang.
Konseli            ; saya masih kuliah kak sekarang .
Konselor          ; oh kuliah, semester berapa ?
Konseli            ; saya semester 3 kak di IBI Darmajaya
Konselor          ; oh, iya namanya siapa mas malah belom kenalan yaa.
Konseli            ; iya kak nama saya Muhamad Radeva Afandi mas .
Konselor         ; hmm iya, kalo nama saya Mugi Amanu, kalo masnya biasa di panggil deva atau afandi
Konseli            ; kalo teman – teman saya biasa manggil pandi kak
Konselor          ; berati saya  panggil mas pandi ya
Konseli            ; iya kak
Konselor          ; mas pandi berapa sekarang umurnya
Konseli            ; saya 20 tahun mas bulan januari besok
Konselor          ; mas pandi  ini tau tempat saya dari mana ?
Konseli            ; saya tau dari teman saya kak, kata teman saya kalo kamu sedang menghadapi masalah yang sulit atau pengen cerita masalah yang bikin kamu dalam tekanan kamu bisa dateng ke konselor untuk melakukan sesi konseling, terus saya tanya dimana tempatnya, saya di beritahu tempat kakak ini
Konselor          ; oh, begitu .
Konseli            ; iya kak jadi saya datang ke sini untuk meminta layanan konseling, apakah kakak ada waktu .
Konselor          ; boleh mas pandi, sebelumnya apakah mas pandi pernah melalukan sesi konseling .
Konseli            ; ya, kalo saya taunya konseling itu membantu seseorang dalam mencari solusi dalam permasalah kak
Konselor          ; benar itu mas, saya tambahkan terlebih dahulu ya mengenai konseling kita hari ini, jadi dalam proses konseling kita hari ini saya berperan sebagai konselor yang membantu anda dalam menghaapi masalah anda, lalu kak Feri berperan sebagai konseli yang sebaiknya aktif dalam mengemukakan masalah anda agar proses konseling kita hari ini dapat berjalan dengan lancar,
Konseli            ; iya mas saya siap aktif, tetapi saya tidak mau jika masalah ini di ketahui banyak orang.
Konselor          ; oh iya tentu, jadi dalam konseling ada banyak asas – asas yang harus di penuhi oleh konselor di antaranya adalah asas kerahasian, jadi saya menjamin  atas kerahasian proses konseling kita hari ini terkecuali ada percakapan yang dapat membahayakan seseorang tau orang banyak maka saya berkeawajiban untuk melaporkan kepada pihak yang berwenang
Konseli            ; jadi  percakapan kita hari ini aman ya kak .
Konselor          ; iya mas, apakah ada yang perlu di tanyakan lagi mengenai proses konseling kita hari ini ?
Konseli            ; saya rasa sudah cukup kak .
Konselor          ; hmm, maaf mas pandi saya lihat kok wajah mas agak gelisah dan murung ya kira – kira apa penyebabnya .
Konseli            ; iya kak saya sedang merasa binggung .
Konselor          ; binggung kenapa mas ?
Konseli            ; jadi begini kak, saya itu sekarang merasa menjadi sanagat pemalas kak, jadi mudah lelah, terus kalo mau buka buku sekarang jadi nga semangat sama sekali untuk belajar maupun dalam perkuliahan .

Tahap Pertengahan Sesi Konseling
Konselor          ; kata mas, sekarang mas pandi menjadi mudah lelah dan agak  dalam belajar maupun dalam perkuliahan, nah kira – kira apa yang membuat mas pandi menjadi seperti itu .
Konseli            ; iya  kak saya juga tidak tahu .
Konselor          ; hmm, mulai kapan mas pandi merasa seperti itu .
Konseli            ; sepertinya saya mulai malas belajar ketika saya oinddah ke karang anyer ini kak .
Konselor          ; memang sebelumnya mas pandi tinggalnya dimana ?
Konseli           ; saya waktu semester satu dan dua tinggal sama kakak saya di way halim kak, dan semester tiga ini saya tinggal sendiri di karang anyer karena rumah oom saya kosong , saya suruh tinggal disitu dan memang semenjak saya tidak tinggal sama kakak saya, saya mulai kecanduan dengan game kak .
Konselor          ; selain kecanduan game apakah ada lagi mas pandu .
Konseli            ; iya kak, saya juga lebih sering begadang kak sama teman-teman karena di karang anyer saya sangat bebas kak dan saya lebih suka kerja kak daripada kuliah
Konselor          ; oh berati kuliah sambil kerja ya mas pandu ini ?
Konseli            ; iya kak, awalnya saya coba – coba kak dan sekarang saya sudah menikmati pekerjaan ini
Konselor          ; memang mas pandi kerja apa ?
 Konseli           ; saya jadi ojol kak, ( ojek online )
Konselor          ; orang tua mas pandi sudah tau kalau mas pandi sekarang kuliah sambil kerja .
Konseli            ; belum kak, tapi kan niat saya baik karena inggin membantu orang tua agar tidak terlalu banyak untuk membiayai saya kuliah .
Konselor          ; wah bagus sekali sebenarnya niatnya mas pandi ini, tapi apakah tidak kasihan dengan orang tua mas pandi, tujuan mas pandi ke Bandar Lampung inikan untuk kuliah jika mas ingin sambil kerja menurut saya tidak apa-apa tetapi fokus utama mas pandi adalah kuliah .
Konseli            ; benar juga si kak ( sambil diam termenung )
Konselor          ; iya mas, memang kalau dalam perkuliahan itu pasti banyak teman tetapi kita harus fokus dengan tujuan kita yaitu perkuliahan, tidak apa sambil kerja yang penting kita tetap fokus dengan tujuan kita .
Konseli            ; iya kak saya  jadi mengerti sekarang

Tahap akhir sesi konseling ( pengambilan keputusan )
Konselor          ; nah kira-kira sekarang bagaiman renca mas pandi untuk kedepanya .
Konseli            ; sepertinya begini kak besok hari sabtu kan rencananya saya akan pulang ke kota bumi, nah jadi saya akan bercerita kalau saya sekarang kuliah sambil kerja dan jika orang tua saya tidak mengizinkan saya untuk kerja ya saya akan berhenti kak, setelah itu saya akan merubah rutinitas saya yang saya rasa kuarang baik mungkin saya akan tetap main game kak tetapi saya akan membagi waktu dengan baik dan saya akan berusaha untuk belajar dengan baik di perkuliahan
Konselor          ; wah rencana yang sangat bagus itu mas pandi .
Konseli            ; iya kak .
Konselor          ; maaf apakah mas pandi sudah yakin dengan rencana tersebut .
Konseli            ; saya sudah sangat yakin kak .
Konselor          ; bagus mas pandi, hmm jika mas pandi sudah yakin akan rencana tersebut dan saya cukupkan sesi konseling kita hari ini semoga mas pandi dapat belajar dengan baik dan berprestasi .
Konseli            ; amin kak, saya sangat berterimakasih kak karena sudah dibantu dalam menghadapi masalah ini
Konselor          ; iya mas, sama – sama .
Konseli            ; kalau begitu saya izin pulang dulu ya kak
Konselor          ; oh, mau pulang sekarang mas .
Konseli            ; iya kak saya ada tugas yang belum saya kerjakan
Konselor          ; oh iya mas silahkan .
Konseli            ; assalamu’alaikum .
Konselor          ; wa’alaikumsalam mas hati hati .

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post